Skip to main content

8 manfaat sinar matahari



Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari terhadap kita :
1) Menghasilkan vitamin D.  Sejumlah kolesterol didepositokan di bawah kulit. Sewaktu gelombang sinar ultraviolet mengadakan filtrasi melalui kulit, maka deposito kolesterol ini diubahkan menjadi vitamin D.
2) Mengurangi kadar gula darah.  Sinar matahari bertindak sebagai insulin di mana penyerapan gula oleh sel-sel tubuh dipercepat.  Jadi tubuh dirangsang untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi bentuk gula yang disetor dalam hati dan otot (glikogen), sehingga kadar gula darah menurun.
3) Membunuh bakteri.  Sinar matahari mempunyai kemampuan untuk membasmi kuman seperti bakteri, virus dan jamur.  Bahkan H.G. Ainsleigh menyatakan dalam Preventive Medicine, bahwa sinar matahari dapat menekan pertumbuhan abnormal dari berbagai kanker termasuk leukemia, lymphoma, kanker payudara dan kanker usus besar.  Seorang peneliti membuat suatu percobaan dengan memakai piring petri yang telah membiakkan pertumbuhan bakteri di dalamnya.  Setengah dari piring petri tersebut ditutup dan setengah lainnya dijemur langsung di bawah sinar matahari.  Ternyata ½ piring petri yang ditutup itu menunjukkan kumannya yang bertumbuh dengan lebih pesat sedangkan ½ bagian yang lain yang disinari sinar matahari sama sekali tidak ada pertumbuhan kuman lagi.  Semua kuman yang di bagian yang terkena sinar matahari langsung dimusnahkan oleh sinar matahari.  Percobaan ini sungguh mempunyai implikasi yang luar biasa untuk diterapkan di setiap rumah.  Adalah merupakan suatu kebiasaan yang sehat bilamana Anda membuka lebar jendela di rumah Anda dan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar-kamar Anda.  Dalam waktu yang tertentu, sinar matahari ini akan memusnahkan kuman-kuman yang berada di dalam debu-debu baik di jendela maupun di lantai kamar Anda.
4) Menolong membangun dan memperbaiki tulang-tulang.  Dengan meningginya kadar vitamin D dalam tubuh Anda akibat penyinaran matahari, maka akan lebih banyak kalsium yang diserap.  Ini akan menolong membangun dan memperbaiki tulang dan mencegah penyakit seperti rickets dan osteomalacia.
5) Menambah fungsi sel-sel kekebalan.  Penyinaran matahari meningkatkan limfosit, gamma globulin, dan pengaruh kenaikan sel kekebalan ini bisa sampai 3 minggu lamanya.  Bilamana Anda mendapatkan penyinaran ultraviolet selama 10 menit  sebanyak 1-2 kali per minggu kemungkinan mendapat pilek dapat diturunkan sebanyak 30-40%.  Kuman di udara dalam jarak 2,5 meter dari sinar ultraviolet, dapat dimusnahkan dalam waktu 10 menit.  Namun penyinaran dengan ultraviolet memakan biaya sedangkan penyinaran dengan sinar matahari adalah cuma-cuma.  Sungguh mahabesar kebaikan Tuhan kepada kita, bukan?
6) Menaikan aerobic fitness.  Sinar matahari menaikkan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.  Dengan demikian akan lebih banyak oksigen yang dapat diantarkan ke otot-otot saat Anda berolahraga.  Faktor tambahan lain yang memberikan kontribusi akan kenaikan aerobic fitness adalah adanya glikogen yang meninggi di hati dan otot setelah kena penyinaran matahari.  Sungguh berguna untuk bergerak badan di bawah sinar matahari.
7) Mempengaruhi produksi serotonin.  Bilamana Anda berolahraga di bawah sinar matahari maka kelenjar pineal akan dirangsang untuk menghasilkan serotonin yang akan menaikkan mood Anda.  Rao & Muller menyebutkan bahwa serotonin mencegah depresi dan perasaan letih.
8) Menaikkan tingkatan melatonin pada malam hari.  Para ahli riset di Finlandia menemukan bahwa tikus-tikus yang ‘berolahraga’ di bawah sinar matahari memiliki hampir 4 ½ kali lipat kadar melatonin pada malam hari dibandingkan dengan tikus-tikus yang ‘berolahraga’ di bawah cahaya lampu buatan.  Kekuatan cahaya alam terbuka pada hari yang cerah bisa mencapai sekitar 3000 lux, sedang dalam suasana terang benderang di dalam ruangan tertutup hanya mencapai 400 lux.  Jelaslah untuk menjadi sehat tidak perlu harus berolahraga di ruangan gymnasium (kecuali Anda perlu teman untuk berolahraga sama-sama).  Bukan saja biayanya yang mahal, tetapi juga dari segi keuntungannya, lebih berkurang dari berolahraga di bawah sinar matahari.  Sungguh amat besar kemurahan dan kebaikan Tuhan kepada kita.

Comments

  1. nice, bermanfaat banget nih infonya thank's yah ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Benefits of Water Hyacinth Water Hyacinth

Originally considered a water hyacinth plants could damage the environment because it grows wild in marshes, lakes, ssungai, gutters and other standing water. Because it is easy to grow and adapt it, water hyacinth in a short time to cover the surface of a river or lake that is very disturbing sight.Sometimes also be a trigger flooding because plants that propagate over water it can hold trash. For this reason, many efforts destroy water hyacinths because they are considered weeds by the road environment clearance.But there is also a creative minded by utilizing plants as craft materials such as bags, mats, accessories, table cloth and so on. As a result, waste that was very helpful was finally able to be profitable ..Anything new that was encouraging was that the water hyacinth plants have chemical compounds important to be able to cure various diseases.The content of water hyacinth:Elements SiO2, calcium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), chloride (Cl), cup…

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Raga

Dalam mengenai tips menjaga kesahatan, kita harus mengetahui bahwa kesehatan bukanlah dari jasmani kita namun juga jiwa raga kita harus sehat juga. Setiap Manusia dapat melakukan untuk menjaga kesehatan masing-masing. Dan ini rangkuman yang bisa dikutip, langsung saja mulai dari yang pertama.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada jiwa perlu berbagai upaya untuk itu:


1. Beribadah untuk umat beragama itu sangatlah penting. Melaksanakan ibadah setiap manusia perlu berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, itu dapat menjadikan hidup selalu bermakna dan doa menjadi peranan penting di dalamnya. Namun bila orang justru sebaliknya dengan mengabaikan ibadah hidup orang itu akan terasa gelisah. Dengan berdoa dapat mengatasi masalah-masalah psikologi yang sedang menimpa.


2. Berolahraga sangatlah penting untuk daya tahan tubuh dan menambah kekuatan tubuh akan stabil. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah penyakit yang sering menghampiri kita daripada men…