Skip to main content

organ-organ yang menimbulkan stres



Yang menentukan organ-organ mana yang akan dipengaruhi tekanan ini adalah faktor keturunannya seseorang, konstitusinya, lingkungannya, dan gaya hidupnya.  Sebagai contoh:
(1)    Stres atau ketegangan dapat mengeluarkan adrenalin, sehingga jantung berdenyut dengan lebih kuat dan cepat.  Akibatnya stres ini dapat menyebabkan seseorang untuk menderita jantung yang berdebar-debar.
(2)    Bilamana hormon stres yang menyebabkan pembuluh darah untuk menciut, maka kemungkinan untuk mendapat tekanan darah tinggi itu besar diikuti dengan penyakit-penyakit cardiovascular dan cerebrovascular.  Akibat penciutan pembuluh darah ini, peredaraan darah di perifer tubuh akan berkurang dan penderita mengeluh tangan dan kakinya selalu dingin.
(3)    Stres dapat menyebabkan seseorang untuk bernafas secara dangkal dan cepat dengan dibatasi saluran pernafasannya yang menimbulkan hyperventilation dan tetany.
(4)    Stres dapat menyebabkan menurunnya suplai darah ke saluran pencernaan,  sehingga proses pencernaan akan terganggu.
(5)    Stres dapat menyebabkan darah menggumpal dengan lebih cepat yang umumnya bersifat melindungi tubuh kita bilamana misalnya terjadi pendarahan karena sesuatu cedera, tetapi bilamana keadaan ini terjadi berlarut-larut, maka akan menimbulkan dampak yang negatip.
(6)    Stres dapat menyebabkan pengeluaran keringat yang berlebihan, sehingga tubuh menjadi lembab, suatu suasana yang tidak menyenangkan.
(7)    Stres menyebabkan kadar gula darah meninggi, suatu sumber energi di mana tenaga dapat diperoleh dengan cepat, namun pada individu yang sudah ada predisposisi untuk penyakit kencing manis, justru keadaan stres yang berlarut ini akan mempercepat timbulnya atau kambuhnya penyakit kencing manis tersebut.
(8)    Stres dapat mengubah fungsi saluran pencernaan makanan dan air seni, sehingga timbul keinginan untuk senantiasa buang air kecil maupun buang air besar yang dikenal dengan irritable bowel syndrome.
(9)    Seorang penderita stres dapat mengunjungi dokter dengan berbagai ragam keluhan seperti kecemasan, depresi, perasaan takut yang berlebihan, dan gangguan pikiran termasuk gangguan ingatan dan gangguan tidur.

Comments

Popular posts from this blog

Benefits of Water Hyacinth Water Hyacinth

Originally considered a water hyacinth plants could damage the environment because it grows wild in marshes, lakes, ssungai, gutters and other standing water. Because it is easy to grow and adapt it, water hyacinth in a short time to cover the surface of a river or lake that is very disturbing sight.Sometimes also be a trigger flooding because plants that propagate over water it can hold trash. For this reason, many efforts destroy water hyacinths because they are considered weeds by the road environment clearance.But there is also a creative minded by utilizing plants as craft materials such as bags, mats, accessories, table cloth and so on. As a result, waste that was very helpful was finally able to be profitable ..Anything new that was encouraging was that the water hyacinth plants have chemical compounds important to be able to cure various diseases.The content of water hyacinth:Elements SiO2, calcium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), chloride (Cl), cup…

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Raga

Dalam mengenai tips menjaga kesahatan, kita harus mengetahui bahwa kesehatan bukanlah dari jasmani kita namun juga jiwa raga kita harus sehat juga. Setiap Manusia dapat melakukan untuk menjaga kesehatan masing-masing. Dan ini rangkuman yang bisa dikutip, langsung saja mulai dari yang pertama.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada jiwa perlu berbagai upaya untuk itu:


1. Beribadah untuk umat beragama itu sangatlah penting. Melaksanakan ibadah setiap manusia perlu berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, itu dapat menjadikan hidup selalu bermakna dan doa menjadi peranan penting di dalamnya. Namun bila orang justru sebaliknya dengan mengabaikan ibadah hidup orang itu akan terasa gelisah. Dengan berdoa dapat mengatasi masalah-masalah psikologi yang sedang menimpa.


2. Berolahraga sangatlah penting untuk daya tahan tubuh dan menambah kekuatan tubuh akan stabil. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah penyakit yang sering menghampiri kita daripada men…