Skip to main content

Mengenal Lebih Dalam Tentang Media Sosial


Media sosial merupakan media online yang dapat diakses oleh siapa saja menggunakan aplikasi berbasis internet dapat dengan mudah mengakses, berpartisipasi, berbagi, dan membuat Blog/ Web itu sendiri sehingga dapat menimbulkan interaksi antarorang di seluruh dunia yang terhubung dalam media online tersebut. Ada juga menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Media social juga memiliki banyak pengaruh, berbagai dampak Media Sosial memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut merupakan kelebihan dari Media Sosial :
·         Dapat menambah wawasan dalam arti ketika orang mengakses media social pasti akan terjalin interaksi antarorang di dunia, dari situ wawasan akan bertambah. Media social akan dimengerti setiap orang seiring perkembangan zaman, orang dapat terpicu untuk mengenal lebih maju media social sesuai perkembangan zaman.
·         Pemicu untuk membangun bisnis melalui media internet sehingga setiap orang bisa memiliki bisnis melalui media tersebut. Kenapa begitu? Karena dengan media online, setiap orang dapat mengembangkan bisnis yang ingin dipublikasikan melalui media online tersebut.
·         Menambah pertemanan karena melalui media social orang tidak hanya memiliki teman yang ada di sekitar namun juga memiliki teman yang ada di media social karena terjadinya interaksi sehingga orang dapat memiliki teman di belahan bumi manapun.
·         Mampu meningkatkan kreatifitas dalam media social karena setiap pengembangan terbaru dapat memicu diri untuk bisa lebih, misalnya sebuah artikel yang menarik namun ada juga rasa untuk memiliki kreatifitas untuk lebih dari artikel yang menarik tersebut. Contoh lain ada sebuah media online yang isinya menarik namun orang mampu untuk mengembangkan kreatifitas.
·         Membangun interaksi antarorang yang terdapat di media social tersebut. Dari interaksi melalui media tersebut orang dapat saling share agar menemukan hasil dari interaksi tersebut.
·         Mampu menyebarkan informasi selain melalui search engine, dimana orang bisa menyebarkan/ share berbagai macam informasi.
·         Selain kelebihan-kelebihan yang tercantum diatas masih banyak kelebihan yang dimiliki media social.
Namun selain memiliki kelebihan pastinya media sosial juga memiliki kekurangan. Langsung saja simak yang merupakan kekurangan dari jejaring sosial:
·                      ·       Seiring perkembangan zaman, media social juga memiliki kekurangan yaitu Terjadinya banyak kriminalitas yang terjadi melalui media social. Contoh yang sederhana dari kriminalitas di media online yaitu penipuan dan banyak sekali yang terjadi kriminalitas selain penipuan dalam media social.
·                      ·       Terjadinya menejem waktu yang tidak efisien ketika media social tersebut tidak digunakan secara maksimal, misalnya untuk digunakan sebagai nge-Game online. Mungkin membuat waktu tersita secara tidak efektif.
·         Kencanduan dalam media online juga merupakan kekurangannya, karena kencanduan akan membahayakan  diri. Contohnya tidak dapat memenejen waktu dengan baik dan diri akan terus terpacu untuk berkecimpung dalam media online. Alangkah baiknya agar dapat memenejemen waktu dengan baik, dan membiasakan diri untuk mengatur jadwal dimana saatnya untuk berkecimpung di media online dan saatnya beraktifitas selain mengenai media online.
·         Menyebabkan kondisi fisik tidak baik karena tidak melakukan aktifitas yang seimbang.
·         Selain itu masih banyak juga yang merupakan kelemahan media online.

Mengenai media social di era keterbukaan informasi ini sangat diperlukan juga Etika-etika yang terdapat di dalam, percuma jika kita mengetahui apa itu media social namun tidak mengetahui etika-etika terdapat di dalamnya. Langsung saja saya menjelaskan tentang etika-etika dalam menggunakan media social.

1.
Berkata sopan

Maksudnya dalam berintaksi di media social harus memiliki sikap dan bahasa yang sopan. Agar tulisan tersebut tidak ada yang tersinggung ataupun tidak dinilai jelek oleh orang lain.
2. Usahakan memberi informasi yang penting  

 informasi dalam media social memang pasti terjadi, namun ketika kita memberi informasi untuk orang lain itu harus diperhatikan berusaha hindari memberikan informasi yang tidak terlalu penting. Contohnya: banyak sekali orang yang memperbarui status di Facebook setiap kali sedang atau telah melakukan sesuatu, bahkan mencurahkan isi hatinya.

3. Memaksimalkan penggunaan media social

Media Sosial harus digunakan secara positif untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dalam sebuah media social. Media social dapat dikembangkan

4. Penggunaan bahasa yang tepat

Maksutnya hampir sama dengan berkata sopan, penggunaan bahasa yang tepat sangat diperlukan. Agar mengetahui dimana saat santai dan serius. Gaya bahasa juga digunakan ketika orang berbahasa dengan sopan dan tepat kepada siapa dia berbicara, itu perlu diperhatikan.


Banyak sekali pengguna media social di era ini, hampir semua tahu mengenai media social tapi yang perlu diperhatikan mengenai media social adalah Contoh-contoh kasus media social. Kasus-kasus yang terjadi di media social kini semakin merajalela dengan berbagai modus, meliputi:

·                      ·       Terjadinya penipuan dengan modus tertentu, contohnya : orang baru dikenal menawarkan barang yang menggiurkan, kemudian si korban ingin membeli namun ternyata ditipu.
·                      ·        Terjadinya kesalahpahaman di media social yang mengakibatkan pertikaian di media social.
·         Keluhan seorang pasien rumah sakit Omni Internasional yaitu prita mulyasari juga terkena dampak media social. Karena beliau mengeluhkan tentang perawatannya yang dimulai sebagai sebuah surat pribadi yang dipublikasikan melalui media sosial, namun pihak rumah sakit itu menilai sebagai pencemaran nama baik lalu beliau dipenjara setelah kalah dalam gugatan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh pihak rumah sakit. Prita didenda Rp.204.000.000,- , hal menyita perhatian banyak orang untuk mendukung Prita, contohnya seperti orang-orang yang membuat satuan kelompok untuk medukung Prita disebut "KOIN UNTUK PRITA" dengan cara mulai mengumpulkan uang untuk membantu membayar denda tersebut.Koin demi koin terus berkumpul dari banyak orang. Melihat dukungan besar bagi Prita, RS Omni Internasional mencabut gugatan perdatanya.

·                       ·       Terjadinya korban-korban penculikan via media social

·                       ·       Mempertemukan 2 pihak yang berawal tak kenal menjadi pasangan di jejaring social.

·                       ·       Terjadinya kasus-kasus yang lain, tidak hanya criminal. Namun juga terkadang ada hack/ pembobolan media online. Dan itu sangat merugikan.




Dibalik kasus yang sering terjadi di media online tidak luput dari  pemerintah yang memiliki peran penting dalam era keterbukaan informasi
Peran Pemerintah dalam media online sangatlah penting karena pemerintah menetapkan adanya UU KIP yaitu tentang kebebasan publik, hal ini berguna untuk melaksanakan tugasnya dalam memberikan informasi, pencerahan, dan pendidikan kepada seluruh masyarakat tentang kebijakan, aktivitas, dan langkah-langkah pemerintah secara terbuka, transparan, jujur dan objektif. Karena dengan adanya Media social pastinya pemerintah lebih mudah untuk menyampaikan informasi yang akurat, dan lebih cepat meluas kepada seluruh masyarakat. Namun memang masih ada saja dampak atau kasus yang terjadi di media online seperti yang telah dijelaskan diatas.

                                            

Comments

  1. tukeran link kk
    http://cakliblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Numpang Promo..
    Mengenal GloballShare, media social baru yang memungkinkan pengguna menjadi pemilik saham http://dede-gunawan-001.blogspot.com/2014/05/globallshare-social-media-yang-berbagi.html,
    ikut tukeran link juga, Numpang Promo..
    Mengenal GloballShare, media social baru yang memungkinkan pengguna menjadi pemilik saham http://dede-gunawan-001.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

100 Best Website

100 Best Website  Version  http://www.100bestwebsites.org/   # Website Summary 1 Yahoo! Yahoo is your Online Free Treasure Room! An outstanding search engine (especially for "official" websites), it also provides a cornucopia of free services: free email, maps, Yellow Pages, games, shopping, news, finance, sports, live chat -- the list just goes on and on and on! By far (in our opinion), Yahoo is the best site on the Web! 2 Google We believe Google is simply the best tool on the Web for finding just about anything (except possibly "official" websites). It is screamingly fast, sleek, streamlined, and as comprehensive as a search tool can be. 3 Amazon.com Amazon is nothing less than a revolution in how the world shops. It is a huge step forward in the achievement of an ideal competitive market. It is user-friendly, vast, and reliable. 4 About.com About.com breaks up the Web into major subject areas with a volunteer human host for e

a variety of maps

MACAM-MACAM KABINET

Kabinet itu ada berbagai macam, maka saya sekalian belajar PKn saya juga mau membagi pengetahuan mengenai macam-macam Kabinet. Ini merupakan macam-macam kabinet sebagai berikut: 1.     Kabinet Ministrial Adalah suatu kabinet yang dalam melaksanakan kebijaksanaan pemerintah, baik seorang menteri secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama seluruh anggota kabinet bertanggung jawab kepada parlementer/DPR.  Atau kabinet yang pelaksanaan tugasnya dipertanggungjawabkan oleh para menteri kepada parlemen, sedangkan kepala negara selaku pimpinan negara/ pemerintah tidak dapat diganggu gugat. Contoh negara yang menggunakan sistem kabinet ini adalah negara-negara di Eropa Barat. 2.       Kabinet Presidensial Adalah suatu kabinet dimana pertanggungjawaban atas kebijaksanaan pemerintah dipegang oleh presiden. Merupakan kabinet pertama yang dibentuk di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kabinet pertama ini hanya bersifat formal saja dan belum bisa m